Madiun (8/2024), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) telah melaksanakan Survey Kepuasa Pengguan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Pelaksanaan survey dilakukan survey secara online melalui website UMMAD yang secaa langsung dituju kepada pengguna PkM, meliputi Dosen UMMAD sebagai Pengabdi beserta berbagai lembaga mitra pelaksanaan PkM LPPM UMMAD dari berbagai instansi pemerintah, swasta dan masyarakat. Terdapat 60 pengguna yang menjadi responden telah mengisi survey kepuasan tersebut, hasil survey menunjukkan bahwa kepuasan pengguna yang dihasilkan dari PkM LPPM UMMAD mencapai 90% dengan kategori Sangat Baik, Baik, dan Cukup Baik. Secara terperinci hasil survey kepuasan pengguna PkM secara keseluruhan dari 60 responden kepuasan pengguna seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
Berdasarkan data tersebut diketahui bahwa pengguna dengan jawaban baik secara persentasi mencapai 46%, sedangkan dari hasil sangat baik mencapai 34%, untuk hasil cukup baik dengan persentase 18%, hasil kurang baik sebesar 2%. Dengan demikian hasil dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa kepuasan pengguna yang dihasilkan dari PkM UMMAD mencapi 90,00 % dengah hasil dikatagori Sangat baik, Baik, dan Cukup baik.
Hasil yang diperoleh berdasarkan data tersebut di atas, menunjukkan tingginya kepuasan pengguna PkM UMMAD dengan kategori Baik sebesar 46%, hal ini telah mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Hasil tersebut tentu menjadi pertimbangan bagi pimpinan LPPM dan Pimpinan UMMAD untuk dapat ditindak lanjuti pengembangan PkM kedepannya sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sehingga LPPM UMMAD senantiasa berusaha mengerahkan sumber daya manusia yang ada untuk sebisa mungkin menjadi penyambung jaringan kepada instansi nasional maupun internasional. Selain itu, program khusus pembinaan kepada para dosen agar dapat secara maksimal menjalankan Pengabdian kepada Masyarakat dengan alur yang mencapai pada outcome berupa RPS dan/atau buku/modul yang terintegrasi dalam proses perkuliahan menjadi berbagai bagian yang menjadi perhatian LPPM UMMAD untuk ditindak lanjuti kedepannya.