MADIUN – Universitas Muhammadiyah Madiun melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). PKM kali ini bertajuk Pelatihan Pengemasan dan Pemasaran Digital di Pekarangan Pangan Lestari (P2L) “Ngongak Tanduran” Kelurahan Pangongangan, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Kegiatan pelatihan dilakukan pada tanggal 26 dan 27 Juni lalu.
Kegiatan tersebut diikuti oleh sebelas anggota kelompok P2L Ngongak Tanduran Pangongangan. Adapun pelatihan digelar dengan mengundang narasumber yang kompeten di bidangnya seperti akademisi, praktisi, dan pelaku usaha. Tujuannya, guna mendapatkan kedalaman wawasan dan pengetahuan.

Materi yang disampaikan meliputi desain kemasan yang modern dan menarik, namun sesuai untuk bahan pangan. Sementara di hari kedua, kegiatan diisi dengan materi tentang proses pemasaran digital (digital marketing). Program PKM ini merupakan bentuk kemitraan antara Ummad dengan P2L Ngongak Tanduran Pangongangan. Ketum tim adalah Irfan Miftahul Fauzi yang merupakan Ketua Program Studi dosen Biokewirausahaan Ummad. Dalam pelaksanaannya, dibantu tim yang terdiri atas dosen Biokewirausahaan Ummad yaitu Dian Ardifah Iswari dan berkolaborasi dengan dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yaitu Ihwan Susila. Kegiatan juga melibatkan mahasiswa atas nama Sherly Oktaviana Putri dan Kilau Mustika Bayu Aji.
Irfan Miftahul Fauzi menyampaikan bahwa pelatihan tersebut akan memberi banyak manfaat untuk para pelaku usahasayuran. “Di zaman yang serba modern dan digital, cara yang paling masif untuk meningkatkan omzet adalah melalui modern packaging dan digital marketing,” ungkapnya.
Dia juga berharap agar hasil dari pelatihan ini dapat diterapkan sehingga bermanfaat untuk meningkatkan keunggulan kompetitif dan meningkatkan omset usaha. Pada akhirnya, akan meningkatkan keuntungan bagi para anggota P2L Ngongak Tanduran Selain packaging yang menarik, pelaku usaha juga perlu memperhatikan sisi kesehatan dari packaging tersebut.