MADIUN – Prodi Ilmu Komunikasi UMMAD menyelenggarakan kuliah praktisi bersama nara sumber Khairul Fahmi, secara online (zoom), Selasa, 25 November 2025.
Khairul Fahmi merupakan analis pertahanan dan keamanan, co-founder Institute for Security and Strategic Studies (ISES) serta jurnalis
Kuliah bersama praktisi ini membahas tema mengenai Bahasa Indonesia untuk Penulisan Populer. Dengan topik yang dibahas adalah Rahasia tulisan populer: Mengolah ide sederhana jadi tulisan yang layak muat
Tenaga pengajar Prodi Ilmu Komunikasi UMMAD, Rakhma Widya Darojah, M.I.Kom menyampaikan kuliah praktisi ini merupakan bagian dari mata kuliah Bahasa Indonesia terkait dengan penulisan populer.
“Melalui kuliah bersama praktisi ini, mahasiswa mendapat pemahaman langsung dari praktisi mengenai tips dan trik tulisan opini agar bisa publish di media massa.
“Pemateri memiliki pengalaman kerja di bidang pertahanan dan keamanan juga jurnalistik. Sehingga ilmu yang didapat sangat bagus baik mahasiswa,” terang Rakhma.
Apalagi beliau ini selain jurnalis juga memiliki pengalaman kerja di bidang pertahanan dan keamanan. jadi pasti ilmu yang di dapa “daging” semua
Sementara itu, dalam pemaparan materi kuliahnya, Khairul Fahmi ada formula 3Fyang bisa dipakai penulis untuk menulis popular. Yaitu hook (fakta) , flow dan feel.
Hook itu pembuka tulisan yang membuat pembaca berhenti scroll (gulir) tulisan yang dapat dibuat dengan fakta kecil, ironi, pengalaman dan pertanyaan,
Hook paling depan dapat digunakan pada judul tulisan yang merupakan Keputusan pembaca untuk klik atau lewat.
“Ciri judul yang kuat Adalah spesifik dan hidup, bukan generic, ada tegangan kecil atau konflik serta memiliki diksi konkret dan tidak clickbait,” terang Khairul Fahmi.
Formula berikutnya adalah Flow (mengalir) yang dapat dibuat melalui 1 paragraf 1 ide dengan menggunakan kalimat aktif dan tidak meloncat.
“Feel itu senbtuhan rasa seperti empati, humor,kegelisahan tanpa kehilangan logika,” ujar penulis yang aktif menilis artikel di media mainstream nasional dalam satu tahun ini. (*)
