UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MADIUN

Akreditasi Kampus "Baik Sekali"

Berkennalan Dengan Jurusan Ilmu Komunikasi

Apa itu Jurusan Ilmu Komunikasi? Sederhananya, jurusan Ilmu Komunikasi adalah studi yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif dari komunikator (pemberi pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui berbagai media. Di jurusan ini kamu akan mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, hingga komunikasi media sosial.

Seperti yang kita rasakan bahwa kehidupan kita tidak pernah lepas dari yang namanya komunikasi. Oleh karena itu, Ilmu komunikasi berhubungan erat dengan masalah fundamental dari hubungan antara manusia dengan sesamanya dalam bermasyarakat. Untuk mengetahui lebih detail tentang apa saja yang akan dipelajari di jurusan ini serta prospek kerjanya, berikut ulasan lengkap dari Jurusan Ilmu Komunikasi.

pengetahuan dan keahlian yang di pelajari di Prodi Ilmu komunikasi

  • Kemampuan berbicara di depan umum

  • Kemampuan dasar desain

  • Kemampuan dasar fotografi

  • Kemampuan berpikir secara out of the box

  • Kemampuan menulis kreatif

  • Teamwork

Kenapa harus memilih Jurusan Ilmuu Komunikasi

1. Prospek kerja di dunia media terbuka lebar untuk lulusan Ilmu Komunikasi, mulai dari media televisi, radio, koran hingga digital membutuhkan Sarjana Komunikasi.

2. Lulusan Ilmu Komunikasi juga dibutuhkan oleh perusahaan, khususnya pada divisi public relations. Karena PR di perusahaan memiliki peranan yang cukup vital sebagai ujung tombak perusahaan dalam berkomunikasi dengan pihak lain. Selain itu, divisi marketing juga membutuhkan lulusan Ilmu Komunikasi, lho.

3. Ilmu Komunikasi tak akan lekang oleh waktu, karena dimanapun seseorang berada, setiap saat komunikasi selalu dibutuhkan.

 

Prospek Kerja

Peluang karier yang menanti lulusan Ilmu Komunikasi itu sangat banyak, Quipperian. Apa saja pekerjaan yang bisa dilakukan dari lulusan Ilmu Komunikasi? Bidang pekerjaan yang bisa digeluti oleh jurusan ini adalah di media massa atau jurnalisme dengan posisi pekerjaan sebagai jurnalis, reporter atau wartawan, penyiar, pembaca berita, hingga analis media. Selain itu, setelah lulus kuliah banyak pula mahasiswa yang bekerja sebagai public relations atau hubungan masyarakat.

Seorang Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom) juga bisa masuk ke dunia advertisingmarketing, maupun broadcasting, seperti bekerja sebagai content creator, copy writer, youtuber, videografer, penulis skenario, hingga produser TV. Kamu dapat bekerja di berbagai jenis perusahaan, agensi, media, maupun, instansi pemerintah.