UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MADIUN

Mengelola lingkungan, Membentuk ekosistem sehat

Program Studi S1 Ilmu Lingkungan

Menjadi Program Studi yang kompetitif, unggul, dan berjiwa wirausaha dalam mengelola tantangan disrupsi peradaban di bidang lingkungan hidup berkelanjutan berlandaskan nilai-nilai Islam Pencerahan

Deskripsi Jurusan

Pengelolaan lingkungan hidup menjadi perhatian penting masyarakat global sejak abad 19. Berbagai pertemuan tingkat internasional telah membahas beberapa isu lingkungan hidup, diantaranya ancaman keanekaragaman hayati, pencemaran limbah bahan berbahaya dan beracun, kualitas lingkungan hidup, hingga ancaman perubahan iklim yang berdampak bagi kehidupan manusia. Berbagai konvensi telah diselenggarakan bersama beberapa negara untuk membahas berbagai permasalahan lingkungan global, diantaranya Convention on Biological Diversity (CBD), Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES), United Nation Framework Convention on Climate Change (COP 26 Glasgow Climate Pact), dan lainnya dimana Pemerintah Indonesia telah meratifikasi beberapa kesepakatan global dalam rangka perbaikan tata lingkungan di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdampak pada lingkungan hidup global.

Masa Studi

±4 Tahun (144 SKS)

Gelar

S.Ling.

Perkiraan Total Biaya

±Rp55.000.000

Peluang Karir

Pendidik / Instruktur Lingkungan

Sarjana Lingkungan yang mampu melaksanakan pendidikan dan menjelaskan mengenai kegiatan pengelolaan dan perlindungan Lingkungan.

Tenaga Ahli Lingkungan

Sarjana Lingkungan yang mampu memberikan analisis, pengawasan, pemulihan, pembuatan instrument, serta rekomendasi terkait pengelolaan dan perlindungan Lingkungan.

Wirausaha Lingkungan

Sarjana Lingkungan yang mampu mengaplikasikan keilmuan dan teknologi pemanfaatan Lingkungan untuk membuka lapangan kerja secara mandiri.

Peneliti Lingkungan

Lulusan Ilmu Lingkungan memiliki kemampuan. Sebagai peneliti karena memahami etika dan hukum lingkungan. Hal tersebut sangat diperlukan dalam penyaluran informasi terkait dengan pola gaya hidup manusia supaya ramah lingkungan, teknologi ramah lingkungan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan dan pencemaran lingkungan.

Konsultan Lingkungan

profesional yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang lingkungan. Mereka bekerja dengan berbagai pihak, termasuk perusahaan, pemerintah, dan organisasi non-profit, untuk membantu mengelola dampak lingkungan dari aktivitas manusia.

Visi

Menjadi Program Studi yang kompetitif, unggul, dan berjiwa wirausaha dalam mengelola tantangan disrupsi peradaban di bidang lingkungan hidup berkelanjutan berlandaskan nilai-nilai Islam Pencerahan.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran di bidang lingkungan hidup berkelanjutan yang berkualitas dan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS).

2. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran di bidang lingkungan hidup berkelanjutan yang berkualitas dan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS).Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang lingkungan hidup berkelanjutan yang kompetitif dan unggul sebagai upaya penyelesaian permasalahan lingkungan fisik, hayati, dan sosial ekonomi politik budaya.

3. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang kompetitif, unggul, dan berjiwa wirausaha serta diseminasinya di bidang lingkungan hidup berkelanjutan, dan

4. Menyelenggarakan kerjasama dengan institusi lain dalam pengembangan dan praktek di bidang lingkungan hidup berkelanjutan.

Jajaran Dosen

Terdapat beragam fasilitas yang tersebar di seluruh kampus. UMMAD berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman untuk seluruh mahasiswa.

Novia Citra Paringsih, S.Si., M.Si.

Dosen Tata Kelola Lingkungan

Alfian Chrisna Aji, S.Pd., M.Si.

Dosen Ilmu Tanah

Muhammad Imam Wicaksono, S.P., M.Ling.

Dosen Sistem Kesehatan Lingkungan

Berita dan Informasi

Kabar terkini seputar UMMAD

Rektor UMMAD Tegaskan Ijazah 35 Mahasiswa Wisuda Tahun 2022 Legal, Sesuai Aturan Pendidikan Kemendikbud Ristek

MADIUN – Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) Prof. Dr. Sofyan Anif, M,Si., menyatakan ijazah 35 mahasiswa Program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi dan Prodi Kesejahteraan Sosial UMMAD...

Ciivitas Akademika bagi-bagi 75 paket takjil Puasa kepada Masyarakat

MADIUN – Sebanyak 75 paket takjil puasa dibagikan oleh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) kepada masyarakat. Pembagian puluhan paket takjil puasa itu dilakukan selama dua hari...

Pengurus Himakom FISIP UMMAD 2024-2025 Dilantik

MADIUN – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Dr Daliman melantik kepengurusan Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) FISIP UMMAD...