UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MADIUN

Kemarin, Prodi Kebidanan D3 UMMAD Siapkan Kuliah Pakar Menyoal Problem Kesehatan Reproduksi Remaja

Pagi , Minggu, 9 Juni 2024, Prodi Kebidanan D3 Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) yang akan berubah menjadi Universitas Muhammadiyah Jawa Timur (UMJT) akan mengadakan. Kuliah Pakar bidang Kebidanan.

 

Kuliah Pakar Prodi Kebidanan D3 UMMAD ini akan digelar secara daring dengan menghadirkan nara sumber Dosen Kebidanan Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO), Hayun Manudyaning Susilo, S.Keb., M.Keb.

 

Kaprodi Kebidanan D3 UMMAD, Nisa Ardhianingtyas, S.S.T., M.Kes., mengatakan, topik yang akan dibahas dalam Kuliah Pakar ini mengenai “Peran Bidan dalam Mengawal Kesehatan Reproduksi Remaja”.

 

Menurut Nisa, peserta tidak hanya mahasiswa Kebidanan UMMAD tapi juga dari kampus lain seperti UMPO, Stokes Hutama Abdi Husada Tulungagung serta Stikes Muhammadiyah Cirebon.

 

“Tidak hanya mahasiswa Kebidanan tapi juga mahasiswa Administrasi Kesehatan (Adminkes) termasuk calon mahasiswa baru,” ujar Nisa. Nisa menerangkan Kuliah Pakar ini digelar dalam rangka menciptakan iklim akademik khususnya Prodi Kebidanan yang pelaksanaannya bisa secara berkala.

 

“Jadi kalau di borang akreditasi itu harus menyelenggarakan kegiatan akademik secara berkala seperti kuliah pakar/seminar/pelatihan,” terang Nisa.

 

Mengenai topik Kuliah Pakar ini, Nisa menyampaikan, problem kesehatan reproduksi remaja muncul dari kurangnya informasi, pemahaman dan kesadaran untuk mencapai keadaan sehat secara reproduksi. Banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan hal ini, mulai dari pemahaman perlunya pemeliharaan kebersihan alat reproduksi, pemahaman mengenai proses-proses reproduksi serta dampak dari perilaku yang tidak bertanggung jawab.

 

Bidan menjadi pihak terdepan dalam menjaga kesejahteraan dan kesehatan reproduksi perempuan sehingga bidan memiliki peran yang sangat penting dalam mengawal kesehatan reproduksi. (*)

Berita dan Informasi

Kabar terkini seputar UMMAD

Raih Pendanaan Program PkM 2024, Tim PkM UMMAD Selesaikan 85 Persen Penelitian Lapangan

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) yang akan berubah menjadi Universitas Muhammadiyah Jawa Timur (UMJT) yang lolos pendanaan dari Ditjen Diktiristek terus...

Besok Hadapi AL, Prodi Adminkes UMMAD Siap Pertahankan Status BAIK

MADIUN — Prodi Administrasi Kesehatan ( Adminkes) Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) yang akan berubah menjadi Universitas Muhammadiyah Jawa Timur (UMJT) bersiap...

Hasil Survey Pemahaman Visi Keilmuan dan Tujuan Program Studi Administrasi Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Madiun.

Diagram 1. Angket Pemahaman Visi Keilmuan Program Studi Administrasi Kesehatan FIK UMMAD Keterangan: a. Visi Keilmuan Program Studi Administrasi Kesehatan FIK UMMAD dapat dipahami dengan jelas...