UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MADIUN

Viral, aksi tanggal darurat Bidan Alumni UMMAD Membantu Proses Kelahiran penumpang Bus Malam Rute Jogja-Madura

MADIUN – Dhora Elfira Indianasari, S.Keb, bidan anggota tim medis Public Safety Center 119 (PSC 119) Kabupaten Madiun bersama perawat melakukan penanganan tindak darurat terhadap ibu hamil yang melahirkan didalam bus.

 

Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu, 24 Maret 2024 malam, sekitar pukul 21.00 WIB didepan kantor PSC 119 Kabupaten Madiun di Jalan Raya Surabaya – Madiun, Nglames, Kec. Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

 

Dhora, panggilan akrabnya, yang merupakan alumni Prodi Kebidanan UMMAD tersebut, menceritakan saat itu ia yang tengah kerja shift kedua, mendapat informasi dari rekannya bahwa ada ibu yang melahirkan di dalam bus dan saat itu bus sudah diluar kantor PSC 119 Kabupaten Madiun.

 

“Kenek memberitahu rekan jaga di PSC 119 Kabupaten bahwa ada penumpang yang mengalami kejadian melahirkan di dalam bus dari perjalanan bus rute Jogjakarta- Madura,” kata Dhora.

 

Kemudian Dhora bersama 4 rekan perawat melakukan penanganan terhadap ibu dan bayi yang sudah lahir dengan melakukan tindakan memotong tali pusat bayi yang berjenis kelamin laki-laki tersebut.

 

“Tindakan medis itu kita lakukan sekitar 15 menit dan Alhamdulillah semua berjalan lancar, Ibu dan bayinya sehat,” kata Dhora.

Tim PSC 119 Kabupaten Madiun kemudian membawa ibu dan bayinya ke RSUD dr. Soedono Madiun guna mendapatkan perawatan dan tindakan intensif.

 

“Karena memang bayi setelah lahir harus mendapatkan perawatan intensif selama dua jam,” ujar Dhora. (***)

 

Berita dan Informasi

Kabar terkini seputar UMMAD

Rektor UMMAD Tegaskan Ijazah 35 Mahasiswa Wisuda Tahun 2022 Legal, Sesuai Aturan Pendidikan Kemendikbud Ristek

MADIUN – Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) Prof. Dr. Sofyan Anif, M,Si., menyatakan ijazah 35 mahasiswa Program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi dan Prodi Kesejahteraan Sosial UMMAD...

Ciivitas Akademika bagi-bagi 75 paket takjil Puasa kepada Masyarakat

MADIUN – Sebanyak 75 paket takjil puasa dibagikan oleh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) kepada masyarakat. Pembagian puluhan paket takjil puasa itu dilakukan selama dua hari...

Pengurus Himakom FISIP UMMAD 2024-2025 Dilantik

MADIUN – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Dr Daliman melantik kepengurusan Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) FISIP UMMAD...