UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MADIUN

Dosen Prodi Kebidanan UMMAD Beri 5 Tips Berpuasa bagi Ibu Hamil agar Ibu dan Janinnya Tetap Sehat

MADIUN – Bagi wanita hamil atau ibu hamil, berpuasa di bulan Ramadhan tentu menjadi hal yang tidak mudah untuk dilakukan walaupun mereka mendapatkan keringan saat menjalankan rukun Islam ke empat tersebut.
Berpuasa bagi wanita hamil mempunyai tantangan tersendiri bagi ibu hamil karena harus memperhatikan asupan nutrisi untuk kesehatan diri dan janin yang dikandungnya.

Namun tak menutup kemungkinan ibu hamil bisa menjalankan puasa sama seperti wanita yang tidak hamil. Jangan sampai berpuasa menghambat pemberian asupan nutrisi yang dapat berpengaruh terhadap perkembangan janin. Namun tak menutup kemungkinan ibu hamil bisa menjalankan puasa sama seperti wanita yang tidak hamil.

 

Sekretaris Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Ruri Narulita Sari, M. Kes memberikan 5 tips berpuasa bagi ibu hamil  :

1. Jangan sampai tidak sahur dan menunda buka puasa

Ibu hamil umumnya lebih sering makan, namun karena sedang berpuasa, jadwal makan yang biasanya 3 kali sehari diganti pada saat sahur dan berbuka

Oleh karena itu jangan sampai melewatkan waktu sahur dan buka puasa. Karena saat sahur dan berbuka itulah ibu hamil dapat mencukupi kebutuhan nutrisinya, jadi manfaatkan waktu sebaiknya-baiknya.Bukan berarti pula harus mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

 

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Ibu hamil perlu minum 8-12 gelas (2,5 – 3 liter) per hari guna mencukupi kebutuhan cairan ibu dan janin. Ini dapat dipenuhi saat sahur dan berbuka. Jadi, jangan sampai menunda berbuka ya supaya tidak terjadi dehidrasi.

 

3. Makan makanan yang bergizi dan berserat
Usahakan memenuhi menu sahur dan berbuka yang mengandung gizi seimbang. Penting pula makanan yang tinggi serat karena sangat baik untuk menunjang kesehatan pencernaan ibu hamil dan merasakan kenyang lebih lama. Untuk memenuhi kebutuhan serat ibu hamil dapat mengonsumsi buah-buahan dan sayuran saat sahur dan berbuka.

 

4. Minum susu sebagai nutrisi tambahan
Susu sangat baik untuk menambah nutrisi bagi ibu hamil. Ibu hamil bisa mengkonsumsi susu hamil pada waktu sahur dan berbuka.

 

5. Istirahat cukup dan hindari aktivitas berlebihan
Perubahan kondisi fisik menyebabkan ibu cenderung cepat merasa lelah, oleh karena itu dianjurkan untuk istirahat yang cukup.

Selain itu juga perlu menghindari aktivitas berlebih untuk menjaga tenaga ibu agar tetap fit sehingga bisa tuntas berpuasa hingga waktu berbuka tiba. (Pujoko/UMMAD)

 

 

Berita dan Informasi

Kabar terkini seputar UMMAD

Rektor UMMAD Tegaskan Ijazah 35 Mahasiswa Wisuda Tahun 2022 Legal, Sesuai Aturan Pendidikan Kemendikbud Ristek

MADIUN – Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) Prof. Dr. Sofyan Anif, M,Si., menyatakan ijazah 35 mahasiswa Program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi dan Prodi Kesejahteraan Sosial UMMAD...

Ciivitas Akademika bagi-bagi 75 paket takjil Puasa kepada Masyarakat

MADIUN – Sebanyak 75 paket takjil puasa dibagikan oleh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) kepada masyarakat. Pembagian puluhan paket takjil puasa itu dilakukan selama dua hari...

Pengurus Himakom FISIP UMMAD 2024-2025 Dilantik

MADIUN – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Dr Daliman melantik kepengurusan Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) FISIP UMMAD...