UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MADIUN

Alasan Kuliah di Prodi Ilmu Aktuaria UMMAD

Alasan Kuliah di Prodi Ilmu Aktuaria UMMAD

MADIUN – Prodi Ilmu Aktuaria saat ini menjadi prodi yang banyak dicari calon mahasiswa untuk dimasuki.

Popularitas Prodi Ilmu Aktuaria bahkan melebihi prodi Kedokteran. Namun demikian belum banyak Universitas yang membuka prodi Aktuaria.

Salah satu dari sedikit perguruan tinggi yang membuka prodi Ilmu Aktuaria adalah Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) yabg berada dalam pengelolaan Fakultas Ilmu Formal dan Ilmu Terapan (FIFIT).

Berikut penjelasan Kaprodi Ilmu Aktuaria UMMAD, Muhammad Adzib Baihaqi, M.Si., mengenai 5 alasan mengapa harus kuliah di Prodi Ilmu Aktuaria UMMAD:

1. Profil Prodi

Prodi Ilmu Aktuaria UMMAD mengajarkan implementasi manajemen investasi modern, pengembangan ekonomi mikro dan makro.

Serta mengajarkan mengenai statistik, matematika dan pengolahan data dan pengajaran mengenai komitmen memegang standarisasi kerja, profesionalisme dan etika.

2. Ilmu langka

Ilmu Aktuaria merupakan ilmu langka tapi paling banyak dicari di Indonesia. Menjadi seorang aktuaris harus terbiasa dengan merencanakan suatu hal dengan secara visioner.

Kuliah di Prodi Ilmu Aktuaria akan mempelajari beragam ilmu perencanaan keuangan dan risiko keuangan perusahaan di masa yang akan datang.

3. Akreditasi B

Prodi Ilmu Aktuaria UMMAD telah memperoleh Berdasarkan Sertifikat Akreditasi BAIK melalui Surat Keputusan (SK) Direktur Dewan Eksekutif BAN PT Nomor: 357/SK/BAN-PT/Ak/S/II/2024.

SK tersebut berisi tentang Penetapan Peringkat Akreditasi Program Ilmu Aktuaria Pada Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Madiun, Kota Madiun.

4. Profesi yang dibutuhkan

Menurut undang-undang nomor 4 tahun 2014 dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK), setiap Perusahaan yang bergerak pada bidang keuangan dan asuransi harus memiliki aktuaris. Artinya, profesi menjadi seorang aktuaris masih sangat dibutuhkan.

5. Profile lulusan menarik

Lulusan Prodi Ilmu Aktuaria dapat bekerja di bidang:
a. Konsultan Keuangan
b. Manajer Keuangan
c. Manajer Investasi
d. Manajer industri
e. BUMN Keuangan (perbankan, BPJS,dll)
f. Aparatus Sipil Negara (ASN) bidang Keuangan. (Pujoko/UMMAD)

Berita dan Informasi

Kabar terkini seputar UMMAD

Rektor UMMAD Tegaskan Ijazah 35 Mahasiswa Wisuda Tahun 2022 Legal, Sesuai Aturan Pendidikan Kemendikbud Ristek

MADIUN – Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) Prof. Dr. Sofyan Anif, M,Si., menyatakan ijazah 35 mahasiswa Program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi dan Prodi Kesejahteraan Sosial UMMAD...

Ciivitas Akademika bagi-bagi 75 paket takjil Puasa kepada Masyarakat

MADIUN – Sebanyak 75 paket takjil puasa dibagikan oleh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) kepada masyarakat. Pembagian puluhan paket takjil puasa itu dilakukan selama dua hari...

Pengurus Himakom FISIP UMMAD 2024-2025 Dilantik

MADIUN – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Dr Daliman melantik kepengurusan Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) FISIP UMMAD...