UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MADIUN

66 Mahasiswa UMMAD Ikuti KKN Kepemiluan. Jadi Penyelenggara Pemilu 2024 di 5 Wilayah di Jawa Timur

MADIUN – Ada Sebanyak 66 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik pemilihan umum (Pemilu) dengan menjadi penyelenggara Pemilu 2024.

Puluhan mahasiswa KKN tersebut berasal dari 4 prodi yang dikelola UMMAD yaitu Prodi Ilmu Lingkungan, Ilmu Aktuaria, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Kesejanteraan Sosial serta Prodi Administrasi Kesehatan (Adminkes).
Mereka bertugas menjadi penyelenggara Pemilu 2024 di sejumlah kabupaten Kota di Jawa Timur yaitu di Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan, Kota Madiun, Kabupaten Madiun serta Kabupaten Nganjuk.

 

Data yang diperoleh dari Dosen Pendamping Lapangan (DPL) KKN tematik Pemilu, Lina Alfiyani, M.K.M., menyebutkan dari Prodi Adminkes menyumbang mahasiswa paling banyak peserta KKN yaitu sebanyak 21 orang.

 

Berikutnya Prodi Ilmu Komunikasi dengan 20 mahasiswa, lalu Prodi Kesejahteraan Sosial dengan 15 mahasiswa dan masing masing 5 mahasiswa dari Prodi Ilmu Aktuaria dan Ilmu Lingkungan.

“Mereka ada yang menjadi KPPS, PPS dan ada juga yang jadi pengawas TPS, PPS. Mahasiswa Prodi Adminkes paling banyak mengikuti KKN tematik ini, ada 21 mahasiswa,” terang Kaprodi Adminkes UMMAD tersebut, Jumat, 16 Februari 2024.

Lina Alfiyani, M.K.M., mengungkapkan, mahasiswa UMMAD peserta KKN tematik Pemilu telah menyelesaikan tugasnya dengan baik juga.

“Selanjutnya mereka menyelesaikan laporan adminitratif dalam bentuk logbook maupun laporan KKN dalam bentuk tulisan artikel,” terang Lina.

Sementara itu, Ketua LPPM Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Prof.Ir Sarjito, M.T., Ph.D mengatakan, tujuan dari KKN tematik bagi mahasiswa UMMAD adalah memberikan soft skill disamping hard skill yang sudah diterima di bangku kuliah.

Sasaran KKN mahasiswa UMMAD tahun 2024 diselaraskan dengan tema up to dated yaitu dengan menerjunkan mahasiswa untuk berpartisipasi di dalam Pemilu 2024, sebagai PPS dan pemantau pemilu diwilayah Madiun Raya.
Dalam bekerja, mahasiswa KKN dari berbagai prodi didampingi beberapa dosen pembimbing lapangan (DPL) dan koordinator internal kampus dalam menangani komunikasi dan administrasi.

 

“Harapannya mahasiswa mampu memperoleh banyak pelajaran dari KKN tematik ini. Misalnya mereka dapat melakukan analisis situasi permasalahan di lapangan dan memberikan Solusi alternatif dalam penyelesaian masalah,” terang Ketua Umum Konsorsium LPPM PTMA Periode 2023-2027. (Pujoko/UMMAD) Salah satu mahasiswa KKN, Marik Atul Muzayyanah mengatakan, menjadi KPPS mendapatkan pengalaman karena bisa mengetahui proses pemilihan umum seperti penghitungan suara, membuat laporan hasil perhitungan suara.

 

Marik yang menjadi KPPS di TPS 008 Tambak Merang, Desa Bader, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun itu bekerja selama 24 jam mulai dari jam 6 pagi saat pemilihan hingga jam 6 pagi hari berikutnya. Proses yang membuat lama adalah menulis hasil di C Plano.

“Sepertinya gampang gampan, nga sampai pagi. Yang bikin sampai pagi menulis C Plano C Hasil, C Salinan sampai tanda tangan pengerjaan hasil,” kata mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi tersebut.(Pujoko/UMMAD)

 

 

Berita dan Informasi

Kabar terkini seputar UMMAD

UMMAD (UMJT) Bakal Gelar Kuliah Umum Mengenai Pendidikan Halal

MADIUN – Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) yang akan berubah menjadi Universitasi Muhammadiyah Jawa Timur (UMJT) akan menggelar Kuliah Umum mengenai Pendidikan Halal (General Lecture on...

Dosen Ilkom UMMAD (UMJT) Lakukan Pengabdian Masyarakat Anti Bullying di MI Muhammadiyah Kota Madiun

MADIUN – Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Awit Istighfarin, S.I.Kom, M.Med.Kom melaksanakan pengabdian masyarakat mengenai Stop Bullying di MI Muhammadiyah...

UMMAD (UMJT) Beri Beasiswa Persyarikatan Mahasiswa Baru Biaya Kuliah 50 Persen

MADIUN – Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) yang akan berubah menjadi Universitas Muhammadiyah Jawa Timur (UMJT) memberikan beasiswa persyarikatan bagi mahasiswa baru UMMAD Tahun Akademik...