UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MADIUN

25 Dosen UMMAD Ikuti Pelatihan Penulisan Review Paper Bersama Prof. DR.Achmad Nurmandi. Ini Materi Pelatihannya

MADIUN – Sebanyak 25 dosen Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) mengikuti Pelatihan Penulisan Review Paper di Ruang Rapat I Kampus 1 UMMAD, Senin, 20 November 2023. Ada dua pemateri dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang mengisi pelatihan ini yaitu Prof.DR. Achmad Nurmandi, M.Sc., serta DR.Fajar Junaedi, S.Sos., M.S.i.

 

       

 

 

Prof. Dr. Achmad Nurmandi menerangkan pelatihan penulisan review paper memberi cara kepada para peserta membuat review paper atau tulisan di jurnal. “Dalam pelatihan ini kita menggunakan jurnal berbayar Scopus,” ujar Prof. Achmad Nurmandi saat pelatihan tengah istirahat.

 

Wakil Rektor V Bidang Kerja Sama dan Internasional UMY,tersebut mengatakan, ada dua cara untuk menulis di jurnal yaitu melalui research paper dan review paper. Di sebutkan Achmad Nurmandi, membuat review paper cara paling mudah untuk menulis di jurnal.

 

“Review itu menganalisa, klasifikasi, menyimpulkan, ‘o bahwa 10 tahun atau 20 tahun perkembangan keilmuannya soal ini,” ujar pengajar S-3 Program Ilmu Pemerintahan UMY tersebut.
Secara teknis, pelatihan penulisan review paper ini dilakukan secara runtut mulai dari membuka jurnal Scopus, mencari tulisan jurnal, membatasi ruang lingkup tulisan seperti tahun, jensi publikasi, keilmuan, dan bahasa.
“Yang pertama cari (artikel jurnal), membatasi, membaasi tahun, membatasi jenis publikasi, ruang lingkup keilmuan, bahasa, bahasa Inggris. Ya ini sampai sore. Nanti sistematika tulisan misalnya cara mengutip cara mensitasi,” terang Guru Besar Ilmu Pemerintahan di UMY tersebut.

Dalam melakukan Analisa, peserta diarahkan untuk menggunakan Prisma atau Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses. Sejumlah aplikasi diminta untuk diunduh oleh para peserta seperti Java Script dan VOSviewer sebagai aplikasi yang dapat digunakan untuk membangun dan memvisualisasikan jaringan bibliometrik.

“Ya ini sampai sore. Nanti (setelah istirahat dilanjutkan) sistematika tulisan misalnya cara mengutip cara sitasi. Setelah itu mereka menulis lalu mempublikasikan ke submit ke jurnal jurnal,” kata BPH UMMAD tersebut.

 

Prof. Achmad Nurmandi mengatakan, pelatihan penulisan review paper ini sangat penting tidak hanya bagi karir dosen UMMAD tapi juga bagi prodi terkait proses pembelajaran yang dilaksanakan.

 

“Iya itu untuk karir, jabatan fungsional, harus ada jurnal untuk karier. Juga untuk akreditasi prodi dan proses pembelajaran,” jelas Prof. Achmad Nurmandi.

Prof Ahmad Nurmandi menekankan agar dosen UMMAD dapat menulis jurnal minimal satu tahun 2 kali. Jadi satu semester menulis jurnal. Bisa di jurnal Sinta atau di Scopus. Harusnya begitu,” kata Achmad Nurmandi.

 

Disinggun mengenai kemampuan peserta mengikuti pelatihan, Prof. Achmad Nurmandi mengatakan tidak ada kendala karena semua peserta masih muda dan mengenal teknologi.

“Semua bisa mengikuti. Kalau usia mereka tidak ada kendala, tidak gaptek Cuma memahami bahasa Inggris, pasif. Saya kira ngga masalah,” kata Prof. Achmad Nurmandi.

 

Sebagai luaran dari pelatihan ini, Prof Achmad Nurmandi mengatakan, peserta pelatihan menulis lalu mempublikasikan tulisan review paper mereka ke jurnal-jurnal yang ada.

 

“Nanti kita evaluasi, mungkin sampai satu pekan setelah itu bisa diterbitkan di jurnal,” kata Prof. Achmad Nurmandi.(Pujoko)

Berita dan Informasi

Kabar terkini seputar UMMAD

UMMAD (UMJT) Bakal Gelar Kuliah Umum Mengenai Pendidikan Halal

MADIUN – Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) yang akan berubah menjadi Universitasi Muhammadiyah Jawa Timur (UMJT) akan menggelar Kuliah Umum mengenai Pendidikan Halal (General Lecture on...

Dosen Ilkom UMMAD (UMJT) Lakukan Pengabdian Masyarakat Anti Bullying di MI Muhammadiyah Kota Madiun

MADIUN – Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Awit Istighfarin, S.I.Kom, M.Med.Kom melaksanakan pengabdian masyarakat mengenai Stop Bullying di MI Muhammadiyah...

UMMAD (UMJT) Beri Beasiswa Persyarikatan Mahasiswa Baru Biaya Kuliah 50 Persen

MADIUN – Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) yang akan berubah menjadi Universitas Muhammadiyah Jawa Timur (UMJT) memberikan beasiswa persyarikatan bagi mahasiswa baru UMMAD Tahun Akademik...