UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MADIUN

UMMAD Ikuti Ujian Evaluasi Praktek pelaksanaan Short Course Akuntansi PWM Jatim

MADIUN – Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) menjadi tempat penyelenggaraan ujian evaluasi praktek kursus singkat (short course) akuntansi yang dilaksanakan Lembaga Pengawasan dan Pembinaan Keuangan (LPPK) PWM Jawa Timur.

 

Short course akuntansi ini diikuti oleh amal usaha Muhammadiyah bidang Pendidikan (AUM-dik) yang berada di Kota dan Kabupaten Madiun. Pelaksanaan evaluasi praktek kursus singkat akuntansi LPPK PWM Jatim yang dijalankan oleh Prodi Akuntansi (S1) Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) tersebut digelar di Ruang Rapat 1 kampus 1 UMMAD, Ahad, 5 November 2023.

 

Ketua LPPK PDM Kota Madiun, Ahmad Khudori mengatakan, ujian evaluasi praktek akuntansi bagi AUM-dik ini merupakan tidak lanjut dari pelaksanaan short course akuntansi yang dilaksanakan LPPK PWM Jawa Timur di UMMAD pada akhir bulan Agustus 2023. Sama dengan pelaksana short course akuntansi tersebut, pelaksanaan ujian evaluasi praktek akuntansi LPPK PWM Jatim di wilayah eks Karesidenan Madiun dijalankan oleh Prodi Akuntansi (S-1) UMPO.

 

“Sebelum di Madiun ini pelaksanaan evaluasi sudah dilakukan di Ngawi dan Magetan,” kata Ahmad Khudori. Sementara itu Koordinator Bidang LPPK PDM Madiun, Satriyo menerangkan, ujian evaluasi praktek yang dilakukan peserta short course dilakukan dengan mengaplikasikan penggunaan aplikasi Madina-Pay.

 

Di dalam aplikasi Madina Pay ada dua sistem aplikasi pengelolaan keuangan sekolah yang dapat diaplikasikan yaitu SIAS atau Sistem Informasi Akuntansi Sekolah serta sistem Tagihan. SIAS merupakan transaksi penerimaan pengeluaran pembelian aset integrasi dengan tagihan. Sedang sistem tagihan dilakukan untuk pembukuan penerimaan siswa mulai l berapa spp sebulan dan berapa dana kegiatan siswa, DPP, dll.

 

“Kita praktek mulai dari setting inisiasi, penyesuaian saldo awal sampai proses akuntansi seperti pencetakan report atau laporan,” terang Satriyo yang juga ikut serta dalam ujian praktek yang berlangsung 3, 5 jam tersebut. Setiap peserta dapat mengakses sistem aplikasi Madina Pay uang dimolilon PWM Jawa Timur.

 

Satriyo menambahkan, ujian evaluasi praktikum short course akuntansi oleh LPPK PWM Jatim dengan menggandeng Universitas Muhammadiyah Ponorogo sebagai PTM yang punya prodi Akuntansi dan dijalankan oleh LPPK PDM Kota Madiun.

 

“Saya ingin tahu materi pelatihan short course seperti apa serta praktek yang dapat dilakukan,” ujar Satriyo. Target dari short course akuntansi adalah AUM pendidikan memiliki Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah. “Bisa melakukan proses akuntansi yang output berupa laporan keuangan sekolah..Tahun 2024 diharapkan sudah jalan dan akhir 2024 tiap AUM dik sudah membuat laporan keuangan sekolah,” ujar Satryo.(Pujoko)

 

Berita dan Informasi

Kabar terkini seputar UMMAD

Rektor UMMAD Tegaskan Ijazah 35 Mahasiswa Wisuda Tahun 2022 Legal, Sesuai Aturan Pendidikan Kemendikbud Ristek

MADIUN – Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) Prof. Dr. Sofyan Anif, M,Si., menyatakan ijazah 35 mahasiswa Program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi dan Prodi Kesejahteraan Sosial UMMAD...

Ciivitas Akademika bagi-bagi 75 paket takjil Puasa kepada Masyarakat

MADIUN – Sebanyak 75 paket takjil puasa dibagikan oleh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) kepada masyarakat. Pembagian puluhan paket takjil puasa itu dilakukan selama dua hari...

Pengurus Himakom FISIP UMMAD 2024-2025 Dilantik

MADIUN – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Dr Daliman melantik kepengurusan Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) FISIP UMMAD...