UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MADIUN

UMMAD Ikuti Rakornas Forpim AIK PTMA 2023 di UMP. Masuk Komisi Multidisipliner

MADIUN – Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Pimpinan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) 2023.

 

Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) menjadi salah satu peserta Rakornas Forpim AIK PTMA yang dihelat di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) selama 3 hari, Jumat-Minggu, 27-29 Oktober 2023. UMMAD menghadirkan salah satu tenaga pengajarnya, Muhammad Rifa’at Adiakarti Farid, S.Sos., M.A untuk mengikuti forum rakornas yang berisi kegiatan ceramah pakar, diskusi dan berbagi praktik baik mengenai pembelajaran AIK.

 

Rakornas ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari koordinasi pimpinan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Bidang AIK. Ada dua agenda diskusi dalam Rakornas Forpim AIK PTMA ini dalam bentuk Komisi Multikultural dan Multidisipliner. Muhammad Rifa’at Adiakarti Farida menjadi salah satu peserta diskusi Komisi Multidisipliner.

 

Muhammad Rifa’at menjelaskan Komisi Multidisipliner melakukan pembahasan mengenai keterkaitan AIK dengan prodi-prodi yang ada di universitas. Misalkan keterkaitan Islam dengan isu lingkungan, keterkaitan Islam dengan isu pinjaman online yang ribanya mencekik.

 

“Jadi AIK bukan hanya dimaknai sebagai mata kuliah agama, tapi bisa mendukung substansi visi misi serta capaian pembelajaran suatu prodi,” terang Rifa’at. Rapat Koordinasi Nasional Forum Pimpinan Bidang Al-Islam dan Muhammadiyahan PTMA 2023 mengusung tema Penguatan dan Pengembangan Pembelajaran AIK Multikultural dan Multidisipliner.

 

Tujuan Rakornas adalah monitoring dan evaluasi implementasi Pendidikan dan pengajaran AIK di PTMA. Kemudian curah gagasan dan pengalaman antar Pimpinan PTMA dalam AIK multikultural dan multidisipliner. Serta rencana tindak lanjut implementasi program dan kegiatan strategis AIK multikultural dan multidisipliner. Menguatkan komitmen Pimpinan PTMA dalam pengarusutamaan AIK.

 

Sedang luaran dari Rakornas adalah tersosialisasikannya hasil monitoring dan evaluasi implementasi pendidikan danpengajaran AIK di PTMA. Terjadinya curah gagasan dan pengalaman antar Pimpinan PTMA dalam AIK multikultural dan multidisipliner. Tersusunnya rencana tindak lanjut implementasi program dan kegiatan strategis AIK. multikultural dan multidisipliner.(Pujoko)

 

Berita dan Informasi

Kabar terkini seputar UMMAD

Rektor UMMAD Tegaskan Ijazah 35 Mahasiswa Wisuda Tahun 2022 Legal, Sesuai Aturan Pendidikan Kemendikbud Ristek

MADIUN – Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) Prof. Dr. Sofyan Anif, M,Si., menyatakan ijazah 35 mahasiswa Program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi dan Prodi Kesejahteraan Sosial UMMAD...

Ciivitas Akademika bagi-bagi 75 paket takjil Puasa kepada Masyarakat

MADIUN – Sebanyak 75 paket takjil puasa dibagikan oleh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) kepada masyarakat. Pembagian puluhan paket takjil puasa itu dilakukan selama dua hari...

Pengurus Himakom FISIP UMMAD 2024-2025 Dilantik

MADIUN – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Dr Daliman melantik kepengurusan Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) FISIP UMMAD...