UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MADIUN

Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) optimis akan mampu melaksanakan proses reakreditasi terhadap 3 prodi

 

MADIUN- Tahun ini Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) optimis akan mampu melaksanakan proses reakreditasi terhadap 3 prodi yang dikelola saat ini. Bahkan dari 3 prodi tersebut, satu prodi diantaranya sudah melakukan asesmen lapangan guna mendapatkan status akreditasi baru.

 

Satu prodi yang dimaksud adalah Prodi Kesejahteraan Sosial FISIP UMMAD yang telah melakukan asesmen lapangan pada Senin, 9 Oktober 2023.

 

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UMMAD, Okti Sri Purwanti, M.Kep., Ns.Sp.Kep.M.B menerangkan, hingga akhir tahun ini, ada 3 prodi UMMAD yang melakukan reakreditasi berupa asesmen lapangan dari BAN PT Kemenristek Dikti. Yaitu Prodi Kesejahteraan Sosial, Prodi Bio Kewirausahaan dan Prodi Actuaria. Prodi Kesos sudah dilalui proses asesmen lapangan yang harus dijalani.

Selanjutnya Prodi Bio Kewirausahaan yang akan melakukan asesmen lapangan dengan rencan aawal tanggal 13-15 Oktober. Namun demikian, mengalamai pengunduran pelaksanaan dan mesti menunggu informasi lebih lanjut.

“Berikutnya berproses (Prodi) Ilmu Aktuaria (meski) belum tahu jadwal dari BAN PT. Bio Kewirausahana dan Aktuaria ngga bisa diperkirakan, tergantung jadwal BAN PT karena mereka punya banyak perguruan tinggi yang juga harus di-asesmen,” kata Okti, panggilan akrab tenaga pengajar Prodi Keperawatan FIK UMS tersebut.

 

Asesmen lapangan Prodi Kesos

Okti Sri Purwanti menerangkan asesmen lapangan yang dilakukan BAN PT Kemenristek Dikti RI kepada Prodi Kesos FISIP UMMAD dilalukan asesor BAN PT untuk mencocokan data akreditasi (soft file) yang sudah diunggah dengan kondisi di lapangan.

“Beliau (para asesor) datang kesini melakukan interview pejabat struktural, penjamin mutu, dekan, kaprodi, termasuk dosen, alumni dan pengguna lulusan,” ujar Okti.
Kemudian asesori juga melihat bukti-bukti dari data akreditasi pihak Prodi Kesos yang telah diunggah ke website BAN PT ( https://sapto.banpt.or.id/ ) yang mengacu pada 9 kriteria penilaian akreditasi.

 

Yaitu 1) Visi, Misi, Tujuan dan Strategi, 2) Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, 3) Mahasiswa, 4) Sumber Daya Manusia, 5) Keuangan, Sarana dan Prasarana, 6) Pendidikan, 7) Penelitian, 8) Pengabdian kepada Masyarakat 9) Luaran dan Capaian Tridharma.

 

“Kriteria Pendidikan ini mengenai persiapan perencanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran,” kata Okti.
Sedang kritera Mahasiswa ini yang dinilai mulai dari luaran Pendidikan, dari prestasi akademik dan non akademik, publikasi. Apakah mahasiswa mempunyai jurnal internasional, proses seleksi mahasiswa baru, animo kesiswaan, pelayanaan mahasiswa.

 

Kriteria Luaran dan Capaian mengacu pada Tridharma PT terkait IPK, kelulusan tepat waktu, masa study. Luaran penelitian dan PKM terkait publikasi ilmiah ke jurnal, proceeding media massa internasional, nasional, wilayah.
“Ada HAKI (hak kekayataan intelektual ) yang dimiliki nggak, atau juga buku ber-ISBN,” kata Okti.

 

Mengenai pelaksanaan asesmen lapangan dari BAN PT terhadap Prodi Kesos FISIP UMMAD, Okti Sri Purwanti mengatakan berjalan lancar.

“Alhamdulillah lancar asesmen lapangan Prodi Kesos. Ini tadi cek bukti, cukup. Ganti wawancara pada mahasiswa alumni dan pengguna lulusan,” ujar Okti. (Pujoko)

 

Berita dan Informasi

Kabar terkini seputar UMMAD

Rektor UMMAD Tegaskan Ijazah 35 Mahasiswa Wisuda Tahun 2022 Legal, Sesuai Aturan Pendidikan Kemendikbud Ristek

MADIUN – Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) Prof. Dr. Sofyan Anif, M,Si., menyatakan ijazah 35 mahasiswa Program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi dan Prodi Kesejahteraan Sosial UMMAD...

Ciivitas Akademika bagi-bagi 75 paket takjil Puasa kepada Masyarakat

MADIUN – Sebanyak 75 paket takjil puasa dibagikan oleh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) kepada masyarakat. Pembagian puluhan paket takjil puasa itu dilakukan selama dua hari...

Pengurus Himakom FISIP UMMAD 2024-2025 Dilantik

MADIUN – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Dr Daliman melantik kepengurusan Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) FISIP UMMAD...