UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MADIUN

Bersama 200 Peserta, Dosen Ummad Jadi Peserta Konferensi Internasional Perdagangan Karbon di Pasar Eropa

 

MADIUN – Kaprodi Ilmu Aktuaria, Yan Aditya Pradana, S.Pd., M.Si., menjadi peserta International Conference on Electrical Engineering, Computer Science and Informatics 2023 (EECSI 2023).

Perhelatan EECSI 2023 dilaksanakan secara daring oleh organisasi Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) dengan tempat pelaksanaan di Universitas Sriwijaya.

 

 

 

 

Jumlah dosen yang terlibat ada 200 tenaga pengajar dalam dan luar negeri seperti dari Indonesia, India, Thailand, Australia, serta Norwegia.

 

Sedang topik yg dipresentasikan ialah “Carbon Price Prediction in European Market using Deep learning” atau memprediksi harga karbon di pasar Eropa menggunakan deep learning

 

“Deep learning itu semacam sistem kecerdasan buatan yang meniru sistem kerja otak manusia,” ujar Yan Aditya.

 

Yan Aditya menerangkan topik ini menyoal penerapan harga karbon guna mengurangi emisi akibat aktifitas manusia di berbagai sektor kehidupan seperti energi, industri, pertanian, kesehatan, dll.

 

“Pada perkembangannya, harga karbon dari hari ke hari sangat fluktuatif. Sehingga perlu dilakukan prediksi untuk mengoptimalkan insentif karbon bagi investor,” kata kandidat Doktor Matematika tersebut.

 

Metode yang digunakan dalam memprediksi adalah melalui deep learning yang mana mesin dapat belajar pola dari data historis dengan banyak memori sehingga akan menghasilkan prediksi yang lebih akurat.

 

“Luaran yang dihasilkan dari conference ini adalah proceeding terindeks IEEE xplorep,” terang Yan Aditya. (Pujoko)

 

Berita dan Informasi

Kabar terkini seputar UMMAD

Rektor UMMAD Tegaskan Ijazah 35 Mahasiswa Wisuda Tahun 2022 Legal, Sesuai Aturan Pendidikan Kemendikbud Ristek

MADIUN – Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) Prof. Dr. Sofyan Anif, M,Si., menyatakan ijazah 35 mahasiswa Program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi dan Prodi Kesejahteraan Sosial UMMAD...

Ciivitas Akademika bagi-bagi 75 paket takjil Puasa kepada Masyarakat

MADIUN – Sebanyak 75 paket takjil puasa dibagikan oleh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) kepada masyarakat. Pembagian puluhan paket takjil puasa itu dilakukan selama dua hari...

Pengurus Himakom FISIP UMMAD 2024-2025 Dilantik

MADIUN – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Dr Daliman melantik kepengurusan Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) FISIP UMMAD...