UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MADIUN

Setelah 4 Bulan Tim Task Force Bekerja, Kopertais Wilayah IV Keluarkan Rekomendasi Pendirian FAI UMMAD.

 

MADIUN – Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) membuat langkah besar dalam upayanya mendirikan Fakultas Agama Islam. Setelah melakukan usaha selama 3-4 bulan, akhirnya UMMAD memperoleh rekomendasi pendirian Fakultas Agama Islam dari Koordinator Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta ( Kopertais) Wilayah IV.

 

Penyerahan rekomendasi pendirian FAI UMMAD tersebut dilakukan di kantor Kopertais Wilayah IV Surabaya pada Jumat, 4 Agustus 2023. Rekomendasi diterima oleh tim Task Force pendirian FAI UMMAD, Muhammad Rifa’at Adiakarti Farid, S.Sos.,M.A., serta M. Mochtar Mas’od, S.Sos.I., M.PSDM.

 

Mochtar Mas’od menerangkan, rekomendasi pendirian FAI UMMAD diperoleh setelah dilakukan beberapa kali perbaikan berkas persyaratan yang diminta Kopertais Wilayah IV.

 

Misalnya berkas prasyarat dan kelengkapan. Prasyarat itu seperti SDM, dan sarana dan prasarana. Kalau kelengkapan itu mengenai kurikulum dan SOP keuangannya,” terang Mochtar Mas’od, Jumat,4 Agustus 2023.

Setelah rekomendasi diperoleh dari Kopertais Wilayah IV diperoleh, selanjutnya tim Task Force akan berkomunikasi dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama guna melanjutkan proses pendirian FAI.

 

“Kami selanjutnya mempersiapkan form dan borang persiapan pendirian FAI UMMAD untuk diunggah ke web Kemenag. Setelah mendapat ID berupa username dan password dari Ditjen Pendidikan Islam Kemenag kita akan melakukan pengunggahan berkas kembali,” ujar Mochtar Mas’od. “Setelah proses unggah selesai, maka selanjutnya adalah menunggu keputusan dan turunnya SK dari Kementerian Agama,” ujar Muhammad Rifa’at.

 

Sementara itu Ketua Tim Task Force UMMAD, Dr Syamsul Hidayat, M.Ag menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kopertais Wilayah IV yang telah memberikan rekomendasi pendirian FAI UMMAD.

Ini artinya tinggal selangkah lagi pendirian FAI UMMAD akan tercapai,” kata Dekan FAI UMS tersebut.(Joko)

 

Berita dan Informasi

Kabar terkini seputar UMMAD

Rektor UMMAD Tegaskan Ijazah 35 Mahasiswa Wisuda Tahun 2022 Legal, Sesuai Aturan Pendidikan Kemendikbud Ristek

MADIUN – Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) Prof. Dr. Sofyan Anif, M,Si., menyatakan ijazah 35 mahasiswa Program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi dan Prodi Kesejahteraan Sosial UMMAD...

Ciivitas Akademika bagi-bagi 75 paket takjil Puasa kepada Masyarakat

MADIUN – Sebanyak 75 paket takjil puasa dibagikan oleh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) kepada masyarakat. Pembagian puluhan paket takjil puasa itu dilakukan selama dua hari...

Pengurus Himakom FISIP UMMAD 2024-2025 Dilantik

MADIUN – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Dr Daliman melantik kepengurusan Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) FISIP UMMAD...