UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MADIUN

Akselerasi Menuju Digital University, UMMAD Siapkan Pelatihan LMS bagi Tenaga Pengajar

 

MADIUN – Universitas Muhammadiyah Madiun(UMMAD) akan melaksanakan pelatihan penggunaan LMS Google Classroom, Sabtu, 5 Agustus 2023.
Pelatihan tersebut dilakukan selaras dengan usaha menjalankan tagline atau slogan UMMAD sebagai universitas digital atau Digital University.

 

Kegiatan pelatihan penggunaan LMS Google Classroom Universitas Muhamadiyah Madiun

 

Direktur Teknologi Informasi UMMAD, Husni Thamrin, M.T., Ph.D mengatakan pelatihan LMS adalah pelatihan untuk menggunakan Learning Management System (LMS) bagi para tenaga pengajar UMMAD.
“LMS ini sistem untuk membantu merencanakan, menjalankan dan mengevaluasi proses pembelajaran,” ujar Dosen Prodi Informatika Fakultas Komunikasi dan Informatika UMS tersebut, Kamis, 3 Agustus 2023.

 

Menurut Husni Thamrin, ada banyak LMS tersedia dan salah satunya adalah Google Classroom yang dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa UMMAD dengan mudah karena merupakan bagian dari paket Google for Education yang dimiliki UMMAD. Penggunaan Google Classroom sangat memadai untuk pembelajaran karena didukung teknologi dan ekosistem Google yang lengkap.
Melalui perangkat Google Classroom, semua tenaga pengajar UMMAD dapat memasukkan bahan kuliah (hand out) berupa tulisan, video, foto, dan referensi internet ke dalam modul LMS. Satu matakuliah idealnya memiliki satu modul pembelajaran atau course.

 

“Selain bahan ajar, dosen dapat memberikan kuis atau ujian berisi pertanyaan yang dalam berbagai bentuk seperti pilihan ABCD, Benar/Salah ataupun esai. Bahan ajar itu bisa diunggah di LMS (Google Classroom),” terang Husni Thamrin.
Husni Thamrin menjelaskan bahan kuliah yang diupload oleh tenaga pengajar UMMAD itu adalah materi perkuliahan selama satu semester yang biasanya untuk 14-16 kali pertemuan kuliah.

 

“Dengan menggunakan Google Classroom ini, mahasiswa akan mendapat kemudahan untuk mengakses bahan kuliah dari dosen mereka,” terang Husni Thamrin. Mahasiswa dapat mengakses bahan kuliah menggunakan akun email UMMAD, dan tentunya setelah terdaftar pada mata kuliah.

 

Teknis pelatihan

Secara teknis, nanti saat pelatihan, dosen-dosen UMMAD akan dibimbing oleh dosen Fakultas Farmasi UMS, Apt. Broto Santoso, S.F., M.Sc.
“Beliau berpengalaman mengaplikasikan Google Classroom dalam perkuliahan,” kata Husni Thamrin.

 

Dalam pelatihan itu, dosen akan masuk ke Google Classroom menggunakan akun email UMMAD. Setelah bisa masuk ke Google Classroom kemudian langsung dilatih menggunakan aplikasi tersebut.(Joko)

 

Berita dan Informasi

Kabar terkini seputar UMMAD

Rektor UMMAD Tegaskan Ijazah 35 Mahasiswa Wisuda Tahun 2022 Legal, Sesuai Aturan Pendidikan Kemendikbud Ristek

MADIUN – Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) Prof. Dr. Sofyan Anif, M,Si., menyatakan ijazah 35 mahasiswa Program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi dan Prodi Kesejahteraan Sosial UMMAD...

Ciivitas Akademika bagi-bagi 75 paket takjil Puasa kepada Masyarakat

MADIUN – Sebanyak 75 paket takjil puasa dibagikan oleh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) kepada masyarakat. Pembagian puluhan paket takjil puasa itu dilakukan selama dua hari...

Pengurus Himakom FISIP UMMAD 2024-2025 Dilantik

MADIUN – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Dr Daliman melantik kepengurusan Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) FISIP UMMAD...