UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MADIUN

DI UMMAD, Dosen bisa Dievaluasi Mahasiswa Melalui Mekanisme EDOM. Seperti Ini Caranya

 

MADIUN – Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) melakukan sosialisasi Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa (EDOM) pada hari Jumat 21 Juli 2023.

Sosialisasi EDOM dilakukan secara online diikuti 43 mahasiswa dari seluruh prodi yang ada di Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD).

 

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UMMAD, Okti Sri Purwanti, S.Kep, Ns, M.Kep, Sp. Kep.M., mengatakan, mekanisme EDOM dilakukan dengan menggunakan aplikasi SIAKAD serta secara tertulis. Dengan aplikasi SIAKAD, EDOM dilakukan dengan skala likert (centang) terhadap 10 pertanyaan yang ada di aplikasi SIAKAD.

 

10 pertanyaan dengan skala Likert ini digunakan terhadap semua mata kuliah yang diikuti mahasiswa peserta sosialisasi EDOM.

“Kalau ada mahasiswa yang semester ini mengikuti 10 mata kuliah maka dia akan mengevaluasi 10 mata kuliah tersebut dengan skala Likert,” ujar Lektor Prodi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta itu.

 

Setelah usai melakukan evaluasi secara teknologize, maka akan dilakukan penilaian atau scoring dengan nilai 1-4.

“Jika skor yang didapat 4-3 itu artinya baik, skor 2 itu cukup dan skor 1 kurang,” kata Okti Sri Purwanti. Sedang untuk evaluasi tertulis berupa pembuatan esai oleh para mahasiswa terkait pembelajaran yang disampaikan dosen mereka.

 

“Pelaksanaan EDOM ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Akademik 2023-2023. Dilakukan dari tanggal 21-26 Juli 2023,” kata Okti.

Disinggung soal output dari EDOM ini, Okti mengatakan akan menjadi salah satu upaya perbaikan proses belajar mengajar yang dilakukan dosen UMMAD. (*)

 

 

Berita dan Informasi

Kabar terkini seputar UMMAD

Rektor UMMAD Tegaskan Ijazah 35 Mahasiswa Wisuda Tahun 2022 Legal, Sesuai Aturan Pendidikan Kemendikbud Ristek

MADIUN – Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) Prof. Dr. Sofyan Anif, M,Si., menyatakan ijazah 35 mahasiswa Program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi dan Prodi Kesejahteraan Sosial UMMAD...

Ciivitas Akademika bagi-bagi 75 paket takjil Puasa kepada Masyarakat

MADIUN – Sebanyak 75 paket takjil puasa dibagikan oleh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) kepada masyarakat. Pembagian puluhan paket takjil puasa itu dilakukan selama dua hari...

Pengurus Himakom FISIP UMMAD 2024-2025 Dilantik

MADIUN – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Dr Daliman melantik kepengurusan Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) FISIP UMMAD...