UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MADIUN

Peningkatan Keterampilan Sosial Mahasiswa Prodi Kesos UMMAD melalui Kuliah Praktek Lapangan

 

MADIUN – Mahasiswa Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Madiun melakukan. Kuliah lapangan di Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Rabu, 21 Juni 2023.

 

Kuliah lapangan ini dilakukan mahasiswa semester 6 yang didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah Tingkah Laku dan Lingkungan Sosial, Nuril Endi Rahman. Mereka melakukan kunjungan kepada keluarga yang merawat anggota keluarga dengan kondisi keterbelakangan mental.

 

Menurut Nuril Endi Rahman, tujuan kuliah lapangan ini adalah meningkatkan keterampilan sosial mahasiswa Prodi Kesos sebagai pemberi pertolongan yang sifatnya direct service.

 

Dengan praktek di lapangan seperti ini, mahasiswa belajar mengenai support dari lingkungan sosial (keluarga, tetangga dan masyarakat sekitar) bagi seseorang yang mengalami keterbelakangan mental ataupun Skizofrenia. “Harapan dari pemberian support ini adalah menghadirkan kondisi sejahtera bagi penderita Skizofrenia,” ujar Nuril Endi Rahman.

 

Mahasiswa Sesudah Kuliah Lapangan, Nuril menyampaikan, kuliah lapangan ini dilaksanakan di Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun. Menurut data, di Kelurahan Manisrejo ini terdapat 22 ODGJ. Hal ini tentu menarik untuk dipelajari sebagai bagian dari obyek Ilmu Kesejahteraan Sosial.

 

“Selain mempelajari teori, mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan sosial yang berguna ketika sudah lulus dan menekuni profesi sebagai pekerja sosial profesional” ujar Nuril Endi Rahman. Harapan lain dengan kuliah lapangan ini adalah mahasiswa bisa lebih peka terhadap fenomena sosial yang ada di lingkungan sekitarnya.

 

“Praktik kuliah lapangan ini juga dapat sebagai bahan publikasi mahasiswa nantinya jika menempuh tugas akhir,” tambah Nurul. Adanya praktek lapangan ini juga menambah antusias mahasiswa untuk kuliah. “Kami senang, mendapatkan pengalaman berharga saat terjun di masyarakat. Kami jadi lebih memahami kondisi terkini masyarakat,” ujar Agung, salah satu mahasiswa peserta praktek lapangan.(*)

 

 

Berita dan Informasi

Kabar terkini seputar UMMAD

Rektor UMMAD Tegaskan Ijazah 35 Mahasiswa Wisuda Tahun 2022 Legal, Sesuai Aturan Pendidikan Kemendikbud Ristek

MADIUN – Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) Prof. Dr. Sofyan Anif, M,Si., menyatakan ijazah 35 mahasiswa Program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi dan Prodi Kesejahteraan Sosial UMMAD...

Ciivitas Akademika bagi-bagi 75 paket takjil Puasa kepada Masyarakat

MADIUN – Sebanyak 75 paket takjil puasa dibagikan oleh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) kepada masyarakat. Pembagian puluhan paket takjil puasa itu dilakukan selama dua hari...

Pengurus Himakom FISIP UMMAD 2024-2025 Dilantik

MADIUN – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Dr Daliman melantik kepengurusan Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) FISIP UMMAD...