UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MADIUN

Langkah Awal Mahasiswa Praktik Pekerjaan Sosial

Madiun, 08 Juni 2023 – Praktikum I Kesejahteraan Sosial menjadi bagian kurikulum Program Studi Kesejahteraan Sosial Universitas Muhammadiyah Madiun. Matakuliah ini bertujuan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai praktik profesi pekerjaan sosial. Praktikum I pada tahun 2023 dilaksanakan di tiga tempat yaitu Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Madiun, UPT Rehabilitasi Sosial Bina Karya Madiun, dan Badan Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Kota Madiun. Pemilihan lokasi praktikum I tersebut bertujuan mengenali masalah klien, serta memahami intervensi dan pelayanaan sosial yang diselenggarakan oleh masing-masing Lembaga Kesejahteraan Sosial.

Kegiatan pembukaan Praktikum I Kesejahteraan Sosial di Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Madiun pada Kamis (08/06/2023) muncul atas inisiasi Mahasiswa Prodi Kesejahteraan Sosial semester IV yang didampingi oleh Supervisor kampus Istiqomah Bekthi Utami, S.Sos., M.Tr.Sos, dan Muh. Niam, S.Sos., M.Kesos, serta dukungan dari Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Madiun. Kegiatan pembukaan ini menjadi langkah awal perkenalan diri serta menjalin relasi dengan lembaga dan juga klien (engagement) dalam tahapan-tahapan intervensi pekerjaan sosial.

“Kami menyambut dengan terbuka kedatangan mahasiswa prodi Kesejahteraan Sosial di Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Madiun, dan kami akan berusaha membantu semaksimal mungkin mengawal pelaksanaan praktikum I ini hingga selesai,” ungkap Abdul Hafid Mustofa S.Pd selaku Admin Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Madiun.

Sambutan hangat dari pihak panti membuka kegiatan ini, dilanjutkan dengan perkenalan diri setiap mahasiswa atau praktikan. Kegiatan juga diisi dengan kontak awal praktikan dengan anak asuh Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Madiun yang menjadi bagian tahap engagement dari tahapan-tahapn intervensi pekerjaan sosial. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam memberikan pengalaman praktik pelaksanaan tahapan-tahapan intevensi pekerjaan sosial.

“Harapannya dalam praktikum I ini mahasiswa sebagai praktikan dapat melaksanakan tahapan-tahapan intervensi dalam mengenali klien dan layanan sosial yang dijalankan oleh Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Madiun” ucap Istiqomah Bekthi Utami, S.Sos., M.Tr.Sos. selaku supervisor kampus.

Salah satu mahasiswa Prodi Kesejahteraan Sosial, Putri Dwi Rahayu yang juga sebagai ketua kelompok praktikum I di Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Madiun mengungkapkan pentingnya pertemuan ini dalam membangun relasi dengan panti dan kedekatan dengan anak asuh. Sebagai langkah awal, Putri berusaha mengenali kebutuhan dan permasalahan klien, selain itu penting juga untuk memahami pelayanan terbaik bagi anak asuh yang dalam Panti Asuhan Muhammadyah Kota Madiun.

Kegiatan pembukaan Praktikum I Kesejahteraan Sosial di Panti Asuham Muhammadiyah Kota Madiun ditutup dengan foto bersama dan pembagian dampingan terhadap anak asuh. Hal tersebut penting dilakukan untuk dapat ditindaklanjuti oleh praktikan selama proses pelaksanaan Pratikum I Kesejahteraan Sosial dengan dampingan dari Supervisor Kampus dan juga Supervisor Lembaga.

(Niam)

Berita dan Informasi

Kabar terkini seputar UMMAD

Tim Mahasiswaa Prodi Biokewirausahaan UMMAD Raih Pendanaan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Tahun 2024

MADIUN - Tim mahasiswa Prodi Ilmu Biokewirausahaan Fakultas Ilmu Formal dan Ilmu Terapan (FIFIT) Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) berhasil meraih pendanaan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha...

Perdana, Tim UMMAD Terima Pendanaan PKM Tahun 2024 dari Ditjen Dikti Ristek

MADIUN – Tim Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) berhasil memperoleh pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2024 yang dilaksanakan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan...

Rektor UMMAD Tegaskan Ijazah 35 Mahasiswa Wisuda Tahun 2022 Legal, Sesuai Aturan Pendidikan Kemendikbud Ristek

MADIUN – Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) Prof. Dr. Sofyan Anif, M,Si., menyatakan ijazah 35 mahasiswa Program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi dan Prodi Kesejahteraan Sosial UMMAD...